29 Februari 2012

Belajar Tiada Henti


Ada banyak buku manajemen yang menggunakan kalimat “The ... Way” sebagai judul. Ada The IBM Way, The Toyota Way, The Apple Way. Buku-buku itu ingin menggiring pembacanya kepada jalan yang ditempuh hingga menjadi besar dan sukses.
Tapi buku ini, “The CEO Way: 3 Punggawa Telekomunikasi Indonesia” hanya sekadar menunjukkan bahwa ada banyak jalan yang bisa ditempuh oleh siapa saja dalam menuju puncak karier, sebagai chief executive officer (CEO). Penulis, Rizagana, yang juga menulis buku berjudul “The CEO Way: 8 Pendekar TI Indonesia” (Tristar, 2009), lebih banyak mengungkapkan perjalanan karier tiga CEO perusahaan telekomunikasi nasional hingga mencapai jabatan tertinggi.
Dari gaya bahasanya, buku ini bertutur tentang perjalanan karier tiga CEO di perusahaan telekomunikasi nasional. Ketiga CEO itu adalah Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi, Dirut PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Rinaldi Firmansyah, dan Dirut PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Sarwoto Atmosutarno.
Ketiga CEO itu, seperti CEO lain, rata-rata adalah orang-orang yang pintar dan cerdas. Mereka cerdas sejak semasa sekolah, bahkan siswa teladan. Tiga CEO ini awalnya orang-orang IPA atau eksak, yang meminati bidang teknik. Tapi kemudian setelah mengarungi dunia kerja, mereka terus belajar, dan terus sekolah. Mereka tidak lagi belajar tentang ilmu eksakta, tapi memperdalam ilmu manajemen, marketing, dan bahkan finansial. 
Terus belajar ini pula yang membuat mereka sukses.
Hasnul Suhaimi dan Rinaldi Firmansyah, misalnya, adalah insinyur Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sedangkan Sarwoto Atmosutarno adalah doktorandus dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, Surabaya. 
Hasnul kemudian mengambil gelar MBA dari University of Hawaii, Amerika Serikat (AS), dan Sarwoto mengambil gelar Master Business Engineer in Telecommunication dari Ecole Nationale Superieure Des Telecommunications de Bretagne, Francis. Sedangkan Rinaldi mengambil MBA dari Institut Pengembangan Managemen Indonesia (IPMI) Jakarta, dan gelar Chartered Financial Analist (CFA).

Setelah itu, mereka meninggalkan dunia obeng dan baut untuk kemudian tenggelam dalam dunia marketing, jualan, mencari pelanggan, profit, dan berusaha sekuat tenaga meningkatkan pendapatan perusahaan. Mereka mulai memasuki episode baru dalam hidup mereka dari yang eksak dan pasti ke dunia nisbi, yang semuanya bisa diatur atau bahkan ‘dinegosiasikan’. Mereka tidak lagi "percaya" dengan rumus matematika yang mereka pelajari dan yakini selama ini, bahwa 2 + 2 = 4, tapi bisa lebih dari empat.
Inilah yang mulai ‘dipermainkan’ ketiga CEO itu hingga meraih posisi puncak. Karier Hasnul dan Rinaldi begitu ‘berwarna’ dan loncat dari satu perusahaan ke perusahaan lain, dibanding Sarwoto yang lempang di Telkom sebelum akhirnya ditugaskan memimpin Telkomsel, anak usaha Telkom.
Buku “The CEO Way: 3 Punggawa Telekomunikasi Indonesia” ini mencoba memberikan inspirasi kepada pembaca, terutama para pelajar atau mahasiswa dan karyawan baru yang sedang meniti karier. Tidak hanya menginspirasi, boleh juga mereka mempraktikkan langkah-langkah CEO itu, terutama dalam hal belajar yang tiada henti. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar