06 Maret 2011

Prijono Sugiarto 'Supir' Baru Astra



Kabar menggelegar datang dari Singapura. Michael Dharmawan Ruslim, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, meninggal dunia di salah satu rumah terkenal di Singapura. Ia meninggal dunia pada 20 Januari 2010, diduga akibat penyakit demam berdarah.

Sepeninggal Michael D Ruslim, perusahaan dengan market kapitalisasi terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu mengundang para pemegang saham untuk memilih CEO baru. RUPS Luar Biasa yang digelar pada 1 Maret 2010 akhirnya menetapkan Prijono Sugiarto sebagai Presiden Direktur emiten dengan kode saham ASII itu.

Sebenarnya, banyak pihak yang sudah menduga bahwa Prijono Sugiarto itu bakal menjadi orang nomor satu di Astra. Sepeninggal Michael D Ruslim, ia telah dinobatkan sebagai Plt Presiden Direktur PT Astra International Tbk.

Prijono Sugiarto menjabat Direktur PT Astra International Tbk sejak Mei 2001. Ia adalah Director in Charge untuk beberapa merek kendaraan, yaitu Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot, Nissan UD, PT Gaya Motor, PT Fuji Technica Indonesia, PT Inti Pantja Press Industri. Di samping itu, ia juga Director in Charge untuk Astra Honda Sales (AI-HSO), PT Astra Honda Motor (Grup Sepeda Motor Honda) dan PT Astra Otoparts Tbk (Grup Komponen).

Pria yang menjabat Wakil Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) itu bergabung di Grup Astra sejak 1990. Ia juga dipercaya untuk menjabat sebagai Presiden Komisaris PT United Tractors Tbk, PT Astra Otoparts Tbk, PT Astra Honda Motor, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Wakil Presiden Komisaris PT Astra Daihatsu Motor, Wakil Presiden Komisaris PT Federal International Finance, Komisaris PT Astra Sedaya Finance, Komisaris PT Pamapersada Nusantara serta sebagai Komisaris PT Astra Agro Lestari Tbk (2005-2007).

Sebelum bergabung di Astra, Prijono adalah Sales Engineering Manager di Daimler-Benz Indonesia. Menyandang gelar Dipl.-Ing di bidang Teknik Otomotif dari University of A. Sc. Konstanz, Jerman pada 1984 dan gelar Dipl. Wirtschaftsing di Bidang Administrasi Niaga dari University of A. Sc. Bochum, Jerman pada 1986.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar